Search Product
Wishlist Shopping Cart

cara cerdas atur duit ala Millenials

creator
Published : Sun, 21 Mar 2021 08:31:40
Written by Admin Locette
Updated : Sun, 04 Apr 2021 11:42:29

Tips and Tricks cara mengatur keuangan cerdas ala millenials 


Hi Bella, sebagian dari kalian pasti sudah memasuki usia bekerja atau kebanyakan dari kalian adalah generasi millenial. Saat ini, generasi millenials aja pun sudah berpenghasilan sendiri? Saat ini, generasi millenial memang sedang naik daun.


Generasi Millenial adalah kalian yang lahir pada kisaran tahun 1980-2000an atau kalian yang saat ini berumur 17-37 tahun. Generasi millenial identik dengan kemajuan teknologi beserta segala kemudahan yang ada.Gaya hidup yang dinamis ditambah minimnya pengetahuan pengelolaan keuangan membuat gen millenial lebih sulit mengatur keuangan sesuai skala prioritas. Trusss , gimana cara nya untuk kalian” yang mau mulai mengatur keuangan. Yukk kita bongkar simple tips and trick atur duit versi LOCETTE.


“Keberhasilan mengelola keuangan ditentukan oleh kedisiplinan untuk menjaga konsistensi gaya hidup hemat dan cerdas. 

1. Budgeting 

Metode Budgeting adalah salah satu metode paling simple yang kami terapkan untuk mengatur keseluruhan pengeluaran dan pemasukan yaa , Dan cara Ini dibilang cukup jitu untuk kalian” yang suka boncos di Tengah bulan… Haiyaaa siapa yang gini? Jangan sampe yaaa.

How?

Urutkan dari yang terpenting (versi masing” ya)

Kalau versi LOCETTE

PORSI keuangan anggap 100% pendapatan / income


50 % Kebutuhan ( shopping, jajan, pacaran *sesuai dengan gaya hidup masing ya)
20% Nabung ( bisa dengan buka rekening tabungan jangka panjang)
30 % Invest ke hal lain (Modal bikin usaha/ saham / dll)


Kalo versi LOCETTE , Kalau ada peningkatan income biasanya porsi jajan kita yang dikurangin, porsi nabung dan investasi yang ditambahhh ….. tapi ini balik lagi ke preference masing” org yaaa….


2. Bikin beberapa rekening bank :

Rekening Harian
Rekening yang dugnakan khusus untuk transaksi jajan sehari- hari , kebutuhan , dll

2.Rekening Investasi (Jika punya uang lebih yang nganggur atau duit nabung bisa kita masukin kesini. Biasanya ga pernah kita sentuh ya.. sampe current waktu 1 tahun/ 2 tahun dan biasa ada bunga nya lohh 
Rekening Usaha ( Modal Usaha, pengeluaran, pemasukan usaha jangan di campur sama yang lain biar laporan keuangan nya jelas ada nya yaa , apalagi untuk kalian yang baru mulat berbisnis ) baru kalau ada profit nya bisa di pindahin ke rekening investasi atau rekening harian kalian hehehe.


3. Tracing 


Mengevaluasi pengeluaran itu perlu dan sangat penting. Kebanyakan millenial menggunakan prinsip "kamu hidup sekali/you only live once" yang membuat gaya hidup serta biaya pergaulan mereka semakin meningkat. 

Mereka sulit membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Ketika melihat barang bagus di mall, mereka langsung membeli tanpa memikirkan apakah barang tersebut dibutuhkan atau tidak, dan pada akhirnya menyesal telah memberi barang tersebut. Hindari membeli barang karena dasar keinginan bukan kebutuhan. Ini yang membuat kita mulai belajar ngerem pengeluaran.

Jaman sekarang juga udah banyak aplikasi pengatur keuangan yg berguna banget buat kita" yang baru mulai seperti Bukukas, Monefy,Fast Budget.etc


Kalian juga bisa copy / download template simple atur keuangan versi LOCETTE 
 
Template Link : 
https://docs.google.com/spreadsheets/d/1Pf5j07rB2jd2pcpP5sKrLSsd7uYPdW187FlcKqAhD8I/edit?usp=sharing